Visi dan Misi

Setelah berlangsung selama 10 tahun dan dilakukan evaluasi dan disesuaikan dengan proyeksi atas kondisi dan perkembangan masa depan, maka pada tanggal 27 Desember 2010/21 Muharram 1432H  diadakan Rapat Badan Senat untuk merumuskan Rancangan Visi, Misi dan Tujuan STEI Tazkia tahun 2011-2015, yaitu sebagai berikut:

Visi
Menjadi rujukan dalam ilmu dan amal ekonomi Islam di level regional.

Kata Kunci dan Penjelasannya : 

Rujukan  

-    STEI Tazkia dapat menjadi rujukan dalam pembukaan program studi sejenis dan pengembangan kurikulum serta penciptaaan sumber daya.
-    Alumni STEI Tazkia dapat menjadi standar baku mutu dan model dari sebuah lembaga yang sudah berhasil mengembangkan bukan hanya ilmu secara teori tetapi juga paham praktek di dalam bidang – bidang ekonomi Islam

Ilmu    

Isi kurikulum ekonomi Islam yang merupakan gabungan antara teori ilmu ekonomi Islam dan ilmu Qur’an

Amal    

Cara – cara yang dapat dipraktekkan di dunia kerja baik ketika masih menjadi mahasiswa maupun setelah menjadi lulusan yang mencerminkan ilmu ekonomi Islam

Ekonomi Islam  

Ekonomi Islam dikhususkan menjadi 3 (tiga) program studi yaitu: Ilmu Ekonomi Islam (Konsentrasi Ilmu Ekonomi Pembangunan), Akuntansi Islam (Konsentrasi Pengauditan) dan Bisnis dan Manajemen Islam (Konsentrasi Kewirausahaan Islam, Pemasaran Islam)

Regional    

Dikenal di kawasan Asia Tenggara yang mencakupi negara Malaysia, Singapura, Brunei dan Thailand.

Untuk menjadi rujukan dalam ilmu dan amal ekonomi Islam, maka dari itu STEI Tazkia memiliki komitmen untuk menjaankan misi yang tertera di bawah ini:

Misi

- Menghasilkan lulusan yang unggul dalam ilmu dan amal Ekonomi Islam.

- Menghasilkan riset-riset yang aplikatif dalam ekonomi Islam.

- Mengembangkan model-model pemberdayaan masyarakat sosial dan lingkungan sosial yang Islami.

Rumusan visi, misi dan tujuan tersebut telah diterjemahkan kedalam peta dan strategi yang disertai dengan indikator-indkator yang jelas berdasarkan kerangka Balance Scorecard (BSC)  yang fokus kepada 4 persepektif yaitu: 1. Mahasiswa dan Klien,

2. Proses Internal,

3. Pembelajaran dan Pertumbuhan,

4. Yayasan & Keuangan. 
 
Tujuan 
a.    Meningkatnya minat calon mahasiswa potensial untuk melanjutkan studi di STEI Tazkia  
b.    Tersedianya kurikulum terkini sesuai dengan standar perguruan tinggi baik di dalam dan luar negeri yang bisa diterima oleh industri
c.    Terjalinnya hubungan sinergis dengan sekolah, industri, pemerintah dan lembaga yang berkepentingan baik di dalam dan di luar negeri 
d.    Dihasilkannya penelitian-penelitian unggul yang memperkaya proses pembelajaran  
e.    Terselenggaranya program-program pemberdayaan dan pelestarian lingkungan, baik oleh dosen maupun mahasiswa. 
f.    Tersedianya dosen yang kompeten dalam penguasaan ilmu konvensional dan syariah dan bahasa internasional
g.    Terwujudnya pelayanan akademis yang cepat dan akurat yang berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi
h.    Terwujudnya layanan prima kepada mahasiswa, alumni dan stakeholders lainnya  yang berorientasi pada kepuasan pelanggan
i.    Tersedianya sarana dan prasarana yang kondusif dan menunjang proses pembelajaran, penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

Rumusan visi, misi dan tujuan tersebut telah diterjemahkan kedalam peta dan strategi yang disertai dengan indikator-indkator yang jelas berdasarkan kerangka Balance Scorecard (BSC)  yang fokus kepada 4 persepektif yaitu: 1. Mahasiswa dan Klien, 2. Proses Internal, 3. Pembelajaran dan Pertumbuhan, 4. Yayasan & Keuangan. 

Nilai – Nilai STEI Tazkia
Secara kelembagaaan, prinsip kepemimpinan ini diterjemahkan dalam nilai-niai lembaga (corporate values) STEI Tazkia , yaitu:
T – Tauhid 
A – Amanah
Z – Zero Defect and Quality Oriented
K – Knowledge-based and Competence
I – Innovation
A – Achievement through Teamwork

Nilai – nilai di atas disosialisasikan melalui spanduk dan acara rutin Apel Pagi setiap hari Senin (Apel Khusus Staf) dan setiap hari Selasa (Apel Khusus Staf dan Mahasiswa)

1.1.4  Sasaran dan strategi pencapaiannya
Sasaran Mutu STEI Tazkia 2011-2015
a.    Meningkatnya minat calon mahasiswa potensial untuk melanjutkan studi di STEI Tazkia yang setiap tahunnya naik 50% dari pencapaian tahun sebelumnya
b.    Tersedianya kurikulum yang direvisi 1 kali dalam 2 tahun
c.    Terjalinnya hubungan kerjasama